Perbedaan Google Ads dan SEO, Mana yang Lebih Baik?

Apa saja yang menjadi perbedaan Google Ads dan SEO? SEO merupakan sebuah istilah yang familiar bagi orang-orang di dunia internet marketing. SEO sendiri merupakan akronim dari Search Engine Optimization.

Sebuah strategi untuk bisnis yang bisa Anda terapkan agar bisnis Anda tersebut bisa lebih menonjol dari pada para kompetitor. Adanya Google SEO berguna untuk membantu meningkatkan posisi atau peringkat website Anda di mesin pencarian. Jadi ketika seseorang mencari produk Anda, maka yang muncul adalah website yang Anda miliki di atas para pesaing.

Banyak pengguna internet yang cenderung membuka situs di posisi teratas. Untuk bisa membuat website Anda berada di posisi tersebut, maka perlu strategi SEO yang tepat dan cerdas, atau menggunakan google Adwords agar hasil lebih cepat.

Jadi, sebenarnya apa perbedaan Google Ads dan SEO?

Pengertian Google Ads

Google Ads/Adwords tentu tidak sama dengan SEO. Alasannya karena bisnis harus terus membayar jika ingin tetap berada di posisi teratas pada mesin pencari. Adapun Google Ads bisa menjadi sebuah cara yang tepat serta efektif untuk membuat bisnis Anda semakin berkembang.

Anda bisa memanfaatkan Google Ads untuk mempromosikan produk yang Anda miliki agar semakin banyak orang yang mengenal dan tertarik terhadap produk tersebut. Sementara untuk pengertian singkat dari Google Ads merupakan sebuah iklan online dari Google.

Ketika Anda mencari informasi melalui google. Misalnya dengan memasukkan kata kunci ‘Jasa Optimasi Website’. Anda akan langsung melihat banyak iklan bermunculan pada bagian atas mesin pencari Google.

Selain itu Anda juga akan melihat tulisan ‘Ad’ di bagian depan dari website tersebut. itulah iklan yang dinamakan Google Ads. Maka dari itu, Google Adwords tugasnya untuk memberikan layanan iklan terhadap para pengguna sesuai dengan keyword yang mereka masukkan di Google.

Ketika keyword yang mereka masukkan cocok dengan iklan Anda, maka iklan yang Anda miliki tersebut otomatis muncul. Dari segi exposure, tentunya Google Ads lebih besar serta cepat. Anda tidak perlu menunggu proses yang berlama-lama seperti halnya ketika menggunakan SEO.

Tidak menunggu waktu lama dan iklan Anda sudah ada di posisi atas. Meskipun begitu, perlu biaya agar website Anda terus bertahan di urutan teratas.

Pengertian SEO

SEO adalah sebuah strategi yang Anda gunakan untuk menempatkan website atau situs Anda berada di posisi pertama dalam mesin pencari. SEO juga bisa menjadikan Google berpikir bahwa website yang Anda miliki tersebut mempunyai konten yang relevan.

Tentu saja mesin pencari seperti Bing serta Google akan memberikan hasil terbaik untuk pengguna. Mereka akan mencarikan website yang paling relevan dengan kata kunci yang diketik oleh pengguna baik melalui komputer atau HP.

Manfaat Seo adalah untuk membuat website Anda semakin populer karena muncul di halaman atas. Google memang selalu memberikan rekomendasi konten yang bagus serta relevan.

Maka dari itu, penting untuk selalu menghadirkan website dengan konten relevan dan konsisten mengunggahnya. Dengan menerapkan strategi ini, posisi website Anda akan tetap berada di atas mesin pencari dan akan menjadi website pilihan utama ketika seseorang memasukkan keyword yang sesuai dengan konten Anda.

Perbedaan Google Ads dan SEO

Setelah mengetahui penjelasan singkat tentang keduanya, lalu seperti apa perbedaan Google Ads dan SEO?

1. Dari Segi Biaya

Pembahasan seputar perbedaan SEO vs Google Ads yang pertama yaitu dari segi biaya. Untuk SEO bersifat gratis asalkan Anda dapat menerapkannya sendiri. Akan tetapi, biayanya bisa cukup mahal ketika Anda memanfaatkan jasa SEO yang memerlukan waktu kira-kira 3 sampai 6 bulan.

Selain itu, untuk jumlah keyword yang muncul pada halaman pertama akan menjadi sebuah keuntungan besar. Hal ini karena website Anda bisa lebih mudah dan banyak menjangkau pengunjung tanpa biaya.

Di sisi lain, Google Ads juga cukup murah namun bisa juga menjadi sangat mahal sesuai dengan tingkat kompetisi pengiklanan. Biaya rata-rata untuk setiap kali klik kurang lebih Rp 1.000 sampai Rp 5.000.

Selain untuk budget harian, biaya dari Google Ads juga menyesuaikan kualitas dari score landing page. Anda tidak dapat mendapatkan hasil terbaik ketika tidak mempunyai kualitas score di Google Ads yang baik.

2. Kecepatan Tayang

Perbedaan Google Ads dan SEO yang kedua yaitu tentang kecepatan tayang. SEO tidak dapat menampilkan website secara instan. Anda perlu bersabar dan seolah-olah Anda sedang berinvestasi selama minimal 3 sampai 6 bulan. Bahkan ada yang sampai menunggu hingga 1 tahun baru websitenya muncul di posisi pertama pada mesin pencari.

Google Ads bisa muncul hanya secara cepat ketika iklan Anda sudah mendapatkan approve serta tidak sampai menyalahi ketentuan Google. Akan tetapi untuk kemunculannya masih bersifat random karena menyesuaikan anggaran yang dibagi ppc serta total jangkauan iklan.

3. Durasi Pada Halaman Google

Semakin lama Anda mengelola SEO, maka semakin banyak keyword yang muncul secara organik pada halaman pertama. Posisinya pun bisa tetap bertahan asalkan website Anda tidak mengalami kendala. Beberapa kasus bahkan posisinya akan terus naik ketika Anda rutin mengupdate konten di website tersebut.

Untuk Google Adwords, iklan bisa muncul ketika sudah aktif. Pengiklan juga dapat mengatur durasi berapa lama iklan tersebut tayang setiap harinya. Ketika iklan tidak aktif, maka otomatis tidak akan muncul. Terlebih lagi Google Adwords memang bergantung pada biaya pengiklanan.

4. Kepercayaan atau Trust User

Perbedaan Google Ads dan SEO berikutnya berdasarkan kepercayaan user. SEO menjadi pilihan bagi perusahaan yang akan membangun website untuk keperluan digital marketing. Website tersebut nantinya akan muncul di halaman pertama sehingga meningkatkan kepercayaan orang yang mengaksesnya.

Kemudian untuk Google Ads dapat meningkatkan kepercayaan pengguna namun juga bisa tidak. Mengapa? Karena sebenarnya masyarakat cenderung tidak menyukai iklan. Meskipun beberapa orang ada juga yang berpendapat jika perusahaan memanfaatkan iklan maka perusahaan tersebut tergolong perusahaan bonafit.

5. Tujuan Utama

Menerapkan SEO bertujuan untuk bisa membangun serta meningkatkan traffic website. Ini merupakan strategi yang efektif untuk jangka panjang. Traffic tersebut akan menjadi sebuah kunci yang membuat website berguna dalam pemasaran serta dapat meningkatkan bisnis.

Sementara pada Google Ads tujuannya lebih kepada sales, transaksi, serta penjualan dalam waktu singkat agar bisa memperoleh keuntungan. Profit tersebut menjadi sumber atas keberlangsungan usaha atau bisnis yang dijalankan.

Sudah Paham Perbedaan Google Ads dan SEO?

Kesimpulannya, baik Google Ads dan SEO bisa mendatangkan traffic asalkan Anda bisa menggunakannya secara maksimal. Anda harus menyadari bahwa keduanya akan saling melengkapi satu sama lain. Gunakan keduanya secara efektif untuk membuat website Anda semakin berkembang dan semakin banyak pengunjungnya.

Jadi, jika Anda mempunyai modal lebih maka sebaiknya menggunakan Google Ads karena hasilnya lebih cepat. Sedangkan jika Anda mempunyai budget terbatas dan  menaikkan traffic website secara perlahan, maka SEO adalah pilihannya. Jadi, sesuaikan berdasarkan kebutuhan, ya. Kira-kira manakah yang tertarik untuk Anda coba? Untuk layanan beriklan di Google Ads bisa hubungi kami Ngiklanz.com