Belajar Google Ads, Strategi Marketing Murah dan Efektif

Zaman sekarang, Google Ads bukan sesuatu yang asing di kalangan masyarakat. Kita dapat melihat Google Ads yang terdapat pada situs-situs yang lain. Namun, kebanyakan orang hanya mengerti fungsi Google Ads yang hanya sebagai media beriklan.

Padahal, fungsi dan kegunaan dari Google Ads sendiri sangat banyak. Untuk lebih tahu jelasnya apa itu Google Ads, mari kita lanjut ke pembahasan intinya.

Belajar Google Ads Pentingkah?

Metode beriklan menggunakan Google Ads dinilai memiliki prospek yang cukup bagus untuk berbagai kategori bisnis, mulai dari bisnis berskala kecil hingga bisnis berskala besar.

Hal ini dinilai cukup efektif terutama bagi pengusaha yang baru saja merintis usahanya. Membangkitkan brand awareness agar produk dan jasa lebih banyak dikenal oleh masyarakat merupakan salah satu langkah awal untuk meraih keuntungan.

Dengan mengetahui apa itu Google Ads serta manfaatnya, kita dapat dengan mudah mengoperasikan serta mengoptimalkan Google Ads kita. Untuk itu, hal ini dirasa penting jika kalian membutuhkan media untuk beriklan dengan harga yang terjangkau.

Google Adwords

Seperti yang kita ketahui bersama, Google Ads merupakan salah satu fitur iklan berbayar yang muncul di laman pencarian Google. Untuk dapat menampilkan sebuah iklan, tentunya kita harus membayar agar iklan tersebut dapat tampil sesuai dengan kata kunci tertentu yang relevan dengan bisnis Anda.

Di sinilah letak pentingnya membuat keyword agar dapat tepat sasaran ketika iklan ditampilkan, sehingga hasil dari pencarian tersebut dapat terletak di pencarian teratas Google.

Semakin tinggi posisi hasil pencarian maka besar kemungkinan iklan tersebut akan lebih banyak dilihat sekaligus memperbesar peluang untuk mendapatkan pelanggan.

Estimasi biaya yang perlu dikeluarkan untuk bisa beriklan di Google Ads sebenarnya cukup fleksibel dan terhitung lebih murah dibandingkan membuat iklan pada media lainnya. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar estimasi biaya yang sudah Anda tetapkan sendiri saat proses pembuatan akun.

Selain itu, Anda hanya perlu membayar ketika orang mengklik dan membuka iklan tersebut. Terdapat beberapa istilah yang perlu Anda dipahami terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk beriklan, yaitu sebagai berikut :

  1. Biaya per 1.000 impresi

Biaya per 1.000 impresi atau Pay per Thousand Impression merupakan pembayaran yang hanya akan dikenakan biaya setiap 1.000 orang melihat iklan tersebut di laman pencarian. Cara ini merupakan salah satu cara efektif jika Anda menginginkan penambahan yang signifikan ke dalam omzet.

  1. Biaya per klik

Anda hanya akan diwajibkan membayar jika ada calon pelanggan yang mengeklik iklan Anda, sedangkan jika calon pelanggan hanya melihat tanpa melakukan klik, Anda tidak perlu membayarnya.

  1. Biaya per konversi

Cara satu ini dinilai lebih efektif ketimbang dua cara lainnya karena Anda hanya akan diwajibkan membayar ketika calon pelanggan dapat memenuhi target Anda.

Ketika calon pelanggan benar-benar mengakses iklan dan tertarik pada iklan tersebut, dengan memperhatikan interaksi calon pelanggan terhadap iklan, seperti berapa lama waktu mereka berada pada situs Anda atau apakah calon pelanggan tersebut memasukkan produk ke dalam keranjang belanja dan sebagainya.

Keuntungan Google Ads bagi Pengusaha

Ketika memasang iklan, akan ada beberapa keuntungan yang akan didapat walaupun tidak secara langsung dan bukan dalam jangka waktu yang singkat. Namun, kecepatan tersebut juga tergantung dari cara Anda mengoptimalkan iklan tersebut. Berikut keuntungannya :

  1. Biaya iklan dapat dimonitor dengan mudah

Sistem Pay per Click yang digunakan pada Google Ads, memudahkan Anda untuk mengatur serta memonitor biaya iklan yang sudah ditetapkan sesuai budget yang ada. Sehingga tak perlu khawatir biaya iklan yang akan membengkak.

  1. Menaikkan omzet

Google Ads yang terpasang, secara tidak langsung akan memunculkan dan menarik banyak calon pelanggan. Pasalnya, tingkat kesuksesan dari iklan itu sendiri disesuaikan dengan pemilihan serta pengelolaan keyword yang tepat.

  1. Pemilihan format iklan

Agar calon pelanggan dapat tertarik dengan iklan yang Anda pasang, ada baiknya Anda memilih format iklan yang tidak monoton. Ada beragam jenis format iklan yang bisa Anda pilih, yaitu teks, visual dan audio. Namun, tentu saja disesuaikan pula dengan budget yang ada.

  1. Target konsumen

Dengan teknik pencarian di Google, mengharuskan Anda untuk dapat mengolah kata kunci yang tepat sehingga calon pelanggan akan terpetakan dengan baik dan tepat sasaran.

  1. Reputasi situs jualan

Reputasi situs jualan dapat meningkat seiring dengan pengoptimalan pada SEO. Optimalisasi SEO dinilai penting agar iklan tersebut akan lebih mudah dicari dan dilihat dalam indeks pencarian Google.

Cara Pengoptimalan Google Ads

Setelah belajar tentang apa itu Google Ads serta keuntungan yang bisa Anda dapatkan sebagai pebisnis, sekarang waktunya Anda belajar bagaimana mengoptimalkan Google Ads Anda.

  1. Jadikan landing page relevan

Salah satu aspek penting yang paling sering diabaikan adalah menggunakan landing page yang tidak relevan dengan bisnis Anda. Sangat mudah bagi Anda untuk tersesat dalam dunia Google Ads jika Anda baru saja mengetahui Google Ads.

Anda harus mengoptimalkan landing page Anda dengan membuat pesan iklan yang sejajar dengan pesan halaman arahan Anda. Dengan mempertahankan konsistensi antara keyword, copy iklan serta landing page, akan meningkatkan rasio klik tayang.

Hasil yang akan Anda dapatkan adalah menghasilkan lebih banyak uang sekaligus memaksimalkan anggaran yang ada. Pastikan bahwa Anda memilih keyword yang tepat pada copy iklan serta landing page.

Keyword yang dipilih pun haruslah singkat, padat dan jelas agar lebih mudah dipahami oleh calon pelanggan. Pastikan pula keyword yang dipakai memakai kata-kata yang menarik terkait penawaran di bisnis Anda.

  1. Gunakan jenis pencocokan keyword yang tepat

Keyword yang Anda gunakan pada campaign iklan Anda sangat penting untuk diperhatikan agar calon pelanggan dapat mengerti dengan mudah. Terdapat empat jenis pencocokan keyword yang perlu Anda ketahui, yaitu Broad, Broad Match Modified, Phrase Match dan Exact Match.

  1. Beriklan dengan metode search network only

Walaupun Google Ads menawarkan berbagai variasi metode campaign periklanan, namun kebanyakan pengiklan lebih memilih metode campaign Search Network. Search Network merupakan sekumpulan website berbasis pencarian dimana iklan akan ditampilkan pada hasil pencarian.

  1. Bid pada keyword relevan

Penggunaan keyword yang tidak tepat dapat menjatuhkan bisnis yang sedang Anda jalankan, tetapi dengan penggunaan keyword yang tepat, hal itu akan mendongkrak bisnis Anda dan meningkatkan penjualan.

Maka dari itu, penggunaan keyword yang tepat sangat perlu untuk diperhatikan. Dalam keyword matching terdapat tanda +, berisi quotes, serta tanda kurung kurawal yang dapat Anda gunakan pada keyword agar dapat menargetkan audience lebih baik.

Negative match merupakan kata kunci yang bisa Anda pilih untuk memblokir penayangan iklan yang sama sekali tidak berhubungan dengan bisnis Anda. Ini merupakan salah satu cara ampuh yang dapat menghemat pengeluaran iklan di Google Ads.

  1. Jadwalkan penayangan iklan

Dengan menjadwalkan iklan Anda pada waktu-waktu tertentu, akan memberikan manfaat yang besar bagi bisnismu. Contohnya, jika bisnis Anda beroperasi pada jam 7 pagi hingga 4 sore, maka jangan menayangkan iklan diluar jam tersebut karena tidak akan memberikan efek yang berarti.

  1. Adword extension

Hal ini berguna agar iklan Anda dapat tampil dengan lebih menarik. Google sendiri hanya menampilkan maksimal 10 iklan pada satu halaman. Mendapatkan tempat diantara 10 tempat yang tersedia dapat menjadi hal yang sangat kompetitif tergantung jenis bisnis serta keyword terkait.

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui serta pelajari lebih dalam kembali agar Iklan Google Ads yang Anda tayangkan dapat memberikan performa yang lebih baik bagi bisnis Anda.