Bisnis Makin Ramai, Ikuti Cara Mendaftar Google Ads Berikut Ini

Google menjadi tempat promosi yang sangat membantu di masa digital seperti sekarang ini. Mengingat bahwa jualan tidak bisa lagi hanya dilakukan secara offline untuk menghasilkan keuntungan lebih. Nah, Google Ads menawarkan jasa untuk menampilkan iklan bisnis anda di hasil pencarian Google. Simak terus artikel berikut untuk mengetahui cara mendaftar Google Ads yang benar.

Berkenalan dengan Google Ads Sebelum Mengetahui Cara Mendaftar Google Ads

Google Ads yang sedang kita bahas kali ini adalah Google Adwords, yang merupakan cara marketing online dengan bantuan pihak Google. Google Ads atau Adwords ini sendiri merupakan fitur spesial dari Google untuk digunakan para pengusaha-pengusaha yang ingin menampilkan produk bisnis mereka dalam bentuk iklan.

Iklan tersebut nantinya akan diproses oleh Google agar bisa muncul di hasil pencarian Google. Cara kerjanya sendiri, anda bisa menyantumkan kata kunci tertentu yang akan relevan dengan bisnis anda. Setelah itu, para calon konsumen akan mulai berdatangan untuk membeli produk/jasa bisnis anda.

Keuntungan Menggunakan Google Adwords

Google adwords, terbukti sangat membantu para pebisnis yang hendak memperluas target pasar mereka, namun tetap dalam target audience yang spesifik atau sesuai dengan jenis bisnis. Nah, kira-kira apa saja keuntungan dari penggunaan Google Adwords ini?

  1. Google Menempati Posisi Teratas Search Engine

Pertama, harus diakui bahwa Google merupakan mesin pencari yang menempati posisi paling atas di seluruh dunia. Anda pasti sudah pernah mendengar mesin pencari selain Google, seperti Bing atau Yahoo, yang nyatanya tidak begitu populer sekarang.

Dari rekor pencapaian posisi Google ini, Google pun semakin memperbesar powernya dengan menyediakan fitur-fitur yang bermanfaat, seperti Google Adwords ini yang bisa saling menguntungkan dua belah pihak. Penyedia jasa (Google), akan tetap mendapatkan keuntungan. Begitu pula pihak yang menggunakan jasanya (Para Pebisnis).

  1. Reputasi Situs Jualan Meningkat

Keuntungan selanjutnya dari Google Adwords ini adalah meningkatkan reputasi situs jualan anda. Ditambah dengan adanya Optimalisasi SEO yang menjadikan iklan anda akan muncul di halaman utama pencarian.

  1. Remarketing

Nah, tidak semua yang melihat iklan bisnis anda akan langsung melakukan transaksi. Ada yang hanya sekedar melihat, namun belum memutuskan untuk membeli. Jika ada proses seperti ini, Google akan memaksimalkan jasanya untuk menampilkan iklan bisnis anda pada orang yang sama di situs-situs yang sudah bekerja sama dengan Google. Hal ini bertujuan agar orang yang sudah melihat iklan anda tadi akan berpikir ulang, sampai akhirnya mau membelinya.

  1. Biaya Terjangkau

Menggunakan jasa dari Google memang pasti membutuhkan modal untuk dibayarkan. Namun, perhitungan kerja sama dengan Google tergolong lebih mudah dan terjangkau, karena Google hanya akan menghitung biaya yang harus anda bayar sesuai dengan jumlah klik dari calon pembeli saja.

Jika iklan anda muncul di situs website, namun tidak ada yang tertarik untuk mengklik, maka anda itu tidak terhitung biaya pembayaran jasa. Sistem ini disebut PPC atau Pay Per Click.

  1. Target Audience Lebih Spesifik

Keuntungan berikutnya dalam menggunakan fitur Google Adwords adalah, anda bisa menentukan Target audience sesuai yang anda mau. Ada banyak sekali opsi yang bisa anda sesuaikan, seperti penetapan lokasi untuk promosi iklan. Anda bisa menargetkan beberapa lokasi atau seluas apa target lokasi yang anda inginkan.

Kemudian, anda juga bisa menargetkan penggunaan perangkat yang digunakan audience, apakah hanya untuk pengguna Pc saja, pengguna ponsel saja, atau yang lainnya. Lalu, waktu munculnya iklan juga bisa anda kontrol. Anda ingin iklan tayang hanya di waktu siang hari, atau malam hari, anda bisa mengaturnya jika bisnis anda memiliki waktu operasional yang terbatas.

Hal itu berguna jika anda baru memulai bisnis, dan masih menggunakan tenaga yang terbatas. Sehingga bisnis anda hanya beroperasi di jam-jam tertentu saja. Jadi, audience tidak akan kabur karena tidak ada balasan saat tidak berada di jam operasional.

Cara Menggunakan Google Adwords

Nah, ini adalah poin yang pastinya sudah ditunggu-tunggu untuk bisa memunculkan iklan bisnis anda di mesin pencarian Google. Jadi, ikuti langkah ini dengan benar.

  1. Buka Google Ads

Pertama, anda bisa membuka situs Google Ads di internet, atau melalui aplikasi yang sudah tersedia di Google Play Store.

  1. Buat akun Google

Kedua, buat atau daftarkan akun google yang akan anda gunakan sebagai promosi. Sebaiknya, gunakan akun google bisnis anda agar tidak tercampur dengan urusan pribadi.

  1. Pilih Goal

Selanjutnya, anda harus memasukkan goal atau tujuan pencapaian anda. Akan ada 3 pilihan, yang pertama adalah menghubungi Anda melalui telepon. Kedua, adalah mengunjungi toko fisik. Lalu yang terakhir, adalah untuk mengunjungi website.

Anda bisa memilih opsi yang paling sesuai dengan bisnis yang anda kelola. Sehingga, calon konsumen akan mendapatkan kejelasan dari bisnis anda.

  1. Pilih Jangkauan Lokasi

Selanjutnya adalah, memilih jangkauan lokasi yang ditargetkan. Anda bisa menargetkan seberapa luas pemasaran iklan anda. Anda ingin hanya sebatas wilayah Indonesia atau untuk seluruh dunia, bisa anda atur sesuai target anda.

  1. Pilih Kategori

Lalu, anda juga harus memasukkan kategori bisnis anda agar Google bisa menargetkan audience yang sesuai dengan bisnis yang anda kelola.

  1. Buat Copywriting Iklan

Berikutnya yang tidak kalah penting dan bisa mempengaruhi psikologi calon konsumen adalah, copywriting iklan bisnis anda. Anda harus menggunakan kalimat yang menarik pembeli, atau bisa menggunakan jasa copywriting profesional.

Google sendiri membatasi kata-kata yang digunakan, untuk bagian headline maksimal hanya 30 kata. Dan untuk isi promosi, bisa diisikan maksimal 80 kata.

  1. Masukkan Foto (Opsional)

Foto juga sangat dibutuhkan, sesuai dengan bisnis yang anda promosikan. Mengingat bahwa konsumen mayoritas akan tertarik dari foto yang dipajang.

  1. Tentukan Budget

Anda juga tidak bisa melupakan komisi yang harus didapatkan Google karena mengiklankan bisnis anda di lapaknya. Meski Google sudah menjadi perusahaan search Engine yang mendunia, namun Google memiliki kebijakan hanya perlu membayar ketika iklan diklik oleh target audience. Tentu saja cara ini sangat bermanfaat untuk bisnis rintisan atau bisnis yang belum cukup besar karena menghemat biaya.

Nah, anda menetapkan estimasi biaya. Anda bisa memulainya dengan nominal terkecil untuk melihat perkembangan iklan anda. Setelah itu, anda bisa mengevaluasi apakah sesuai dengan target yang anda inginkan. Setelah itu, anda bisa meningkatkan biaya secara bertahap agar memperluas promosi.

  1. Pilih Metode Pembayaran

Terakhir, anda bisa memilih metode pembayaran untuk menerima atau membayar Google. Google menyediakan banyak pilihan, seperti menggunakan kartu kredit atau transfer bank.

Bagaimana, tertarik untuk meningkatkan komisi penjualan bisnis anda dengan Google Ads? Demikian cara daftar Google Ads dan keuntungan menggunakannya. Semoga informasi di atas bermanfaat. Untuk informasi pemesanan paket beriklan Google Ads yang di tangani oleh tim ahli bisa menghubungi kami Ngiklanz